Contact

Selasa, 27 Mei 2014

Google Peringati Ultah Aktivis Lingkungan Hidup

Google Peringati Ultah Aktivis Lingkungan Hidup
 
Headline
(google.com)
Oleh: ikhsan nathabradja
Teknologi - Selasa, 27 Mei 2014 | 03:03 WIB
Share on facebook Share on twitter Share on email Share on google More Sharing Services
INILAHCOM, Jakarta - Sebagai perusahaan yang peduli akan lingkungan hidup, Google turut memperingati hari ulang tahun yang ke-107 seorang ahli biologi yang juga pakar konservasi kelautan Rachel Louise Carson.

Jika Anda membuka Google hari ini, maka tampilan Google Doodle bernuansa biru langsung hadir di halaman muka mesin pencari raksasa internet ini. Terlihat gambar seorang perempuan yang berdiri di antara kumpulan binatang.

Perempuan itu bernama Rachel Louise Carson, seorang ahli biologi, pakar konservasi lautan, aktivis lingkungan hidup, dan juga seorang penulis.

Mengutip Wikipedia, Rachel Louise Carson dilahirkan di Springdale, Pennsylvania, AS, pada 27 Mei 1907. Ia memulai karirnya sebagai ahli biologi di US Bureau of Fisheries di tahun 1935 dan menjadi penulis pada tahun 1950-an.

Carson menulis buku dengan penjualan terbaik pada tahun 1951 yang berjudul The Sea Around Us. Karya selanjutnya, The Edge of the Sea, dan penerbitan kembali buku pertamanya, Under the Sea-Wind, juga menjadi best seller.

Pada akhir tahun 1950-an, Carson mengubah perhatiannya pada konservasi dan masalah lingkungan yang disebabkan oleh pestisida. Ia menulis buku Silent Spring di tahun 1962 mengenai kekhawatiran lingkungan akibat pestisida terhadap sebagian masyarakat AS.

Meskipun Silent Spring mendapat banyak pertentangan dari perusahaan kimia, namun buku itu cukup berpengaruh terhadap perbaikan aturan pemerintah mengenai pestisida. Isi buku tersebut mendorong dilakukannya pelarangan kepada jenis pestisida tertentu yang dianggap berbahaya.

Hal tersebut menginspirasi sebuah pergerakan grassroot peduli lingkungan hidup yang berujung pada dibentuknya lembaga bernama US Environmental Protection Agency. Carson kemudian dianugerahi penghargaan Presidential Medal of Freedom oleh Presiden Jimmy Carter.

Rachel Louise Carson meninggal dunia Silver Spring, Maryland, AS, pada 14 April 1964 akibat penyakit kanker payudara yang dideritanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 caberawit All Right Reserved