Contact

Senin, 08 Desember 2014

wisata menarik di semarang


cabe 212


Masjid Agung Jawa Tengah

1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah dirancang dalam gaya arsitektural campuran Jawa, Islam, dan Romawi. Gaya Romawi terlihat dari bangunan 25 pilar di pelataran masjid. Pilar yang bergaya koloseum Athena di Romawi ini dihiasi dengan kaligrafi yang indah, menyimbolkan 25 Nabi dan Rasul.
Pada bagian gerbangnya, tertulis dua kalimat syahadat. Dan pada bidang datar, tertulis huruf Arab Melayu “Sucining Guno Gapuraning Gusti”.
Masjid Agung di Semarang ini dilengkapi dengan wisma penginapan, memiliki 23 kamar dengan berbagai kelas. Anda dapat menggunakan fasilitas ini jika suka. Pesona Masjid Agung Jawa Tengah yang paling mengagumkan adalah pada Menara Al Husna (Al Husna Tower).
Tower ini berketinggian 99 m. Jika Anda naik ke lantai 18, di dalamnya terdapat kafe Muslim yang dapat berputar 360 derajat. Sementara di lantai 19, terdapat 5 buah teropong yang dapat digunakan untuk melihat kota Semarang dari ketinggian.
Masjid Agung Demak, Semarang
Masjid Agung Demak, Semarang

2. Masjid Agung Demak, Semarang

Masjid Agung Demak adalah salah satu masjid tertua di Indonesia. Tahukah Anda, dari sejumlah tempat wisata di Jawa Tengah, Masjid Agung Demak adalah tempat wisata religi paling banyak dikunjungi orang setelah Candi Borobudur.
Sesuai keyakinan masyarakat lokal, masjid ini pernah menjadi tempat berkumpulnya para wali yang menyebarkan agama Islam. Di areal kompleks Masjid Agung Demak, terdapat beberapa makam raja-raja Kesultanan Demak dan para abdinya.
Di kompleks ini juga terdapat Museum Masjid Agung Demak, Anda dapat menemukan banyak hal mengenai riwayat masjid ini. Kesemua ini adalah latar belakang mengapa tempat wisata di Semarang yang satu ini ramai dikunjungi orang.
Gereja Katedral Semarang
Gereja Katedral Semarang

3. Gereja Katedral Semarang

Gereja “Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci Randusari”, kini disebut sebagai gereja Katedral Semarang, merupakan gereja dengan bangunan kuno yang terletak Jln. Pandanaran No 9 Semarang.
Katedral ini berada di sisi tenggara Tugu Muda, sebuah kawasan di mana Anda juga dapat menjumpai objek wisata Semarang lainnya, yakni Lawang Sewu dan Museum Mandala Bhakti.
Secara resmi, daerah Jawa Tengah diresmikan sebagai vikarist apostolik dibawah pimpinan Mgr. A. Soegijopranoto, SJ selaku uskup agung pertama di Indonesia di tahun 1940.













Museum Ronggowarsito Semarang

4. Museum Ronggowarsito Semarang

Museum Ronggowarsito berada di sekitar bundaran Kalibanteng (tak jauh dari bandara Ahmad Yani Semarang). Anda dapat menjumpai museum provinsi ini di Jln. Abdulrahman Saleh, Semarang.
Museum Ranggawarsita memiliki 59.814 buah koleksi, terhimpun dari berbagai macam zaman dan kebudayaan. Jika Anda ingin memasuki museum ini, maka harga tiket masuk museum Ronggowarsito adalah sebesar Rp 4 ribu per orang (dewasa) atau Rp 2 ribu (anak-anak).
Tersedia 4 buah bangunan dalam museum ini, masing-masing memiliki koleksi sejarah yang berbeda.


Lawang Sewu Semarang
Lawang Sewu Semarang

5. Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu adalah bangunan kuno peninggalan Belanda yang dibangun pada 1904. Di masa awal, gedung ini adalah kantor pusat perusahaan kereta api (trem) Belanda.
Bangunan Lawang Sewu memiliki pintu yang banyak, jumlah lubang pintunya terhitung sebanyak 429 buah, dengan daun pintu lebih dari 1.200. Itulah sebab mengapa masyarakat Semarang menamakannya Lawang (pintu) – Sewu (seribu).
Salah satu tempat wisata di Semarang yang unik ini kerap juga dijadikan sebagai tempat pre-wedding bagi sebagian pasangan.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 caberawit All Right Reserved