Contact

Jumat, 12 September 2014

Gunung Slamet Meletus, Hujan Abu Hari Ini Menimpa Brebes & Tegal





Gunung Slamet Meletus, Hujan Abu Hari Ini Menimpa Brebes & Tegal

Gunung Slamet Meletus, Hujan Abu Hari Ini Menimpa Brebes & Tegal
Advertisement
Gunung Slamet Meletus, Hujan Abu Hari Ini Menimpa Brebes & Tegal. Kamis (111/9/2014) Gunung di wilayah Jawa Tengah ini meletus yang menyebabkan abu vulkanik menyebar ke berbagai daerah di sekitar gunung tersebut. Sebelumnya, beberapa desa di Brebes dan Tegal terdampak gerimis abu yang bercampur pasir hitam.
Berita terkini disampaikan oleh Pembina Setia Budi Pecinta Alam (Stapala) Brebes, Fauzan gerimis abu yang berasal dari Gunung Slamet sudah terpantau sejak sore. Ini ditambah angin yang cukup kencang. Gerimis abu tipis ini menimpa sebagian wilayah Tegal yang berjarak sekitar 4,5 kilometer dari puncak gunung tersebut. Tempo melaporkan wilayah terdampak itu adalah Dukuh Sawangan, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa.
Sementara itu di Brebes, gerimis abu tipis yang sama juga terjadi di Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog. Jaraknya dua kali lipat dari jarak wilayah yang terdampak di Tegal, sekitar sembilan kilometer dari puncak Gunung Slamet.
Semalam, Gunung Slamet juga pada pukul 19.30 WIB. Ini menyebabkan kepanikan warga yang ingin memantau keadaan. Dari jauh sudah tampak pijaran api yang meluas dan terlihat jelas. Yang membuat warga resah terutama adalah seringnya suara dentuman dan kerasnya bunyi letusan.
Kerasnya letusan Gunung Slamet bahkan bisa dirasakan di Pos Pengamatan Gunung Slamet di Desa Gambuhan, Pemalang. Padahal, pos tersebut terletak sekitar 9,5 kilometer dari puncak gunung.
Kegelisahan tidak hanya terjadi di Jawa Tengah bagian barat laut. Di Purwokerto hal yang sama terjadi. Hal ini membuat warga memantau sendiri aktivitas gunung itu yang meningkat menjadi level siaga sejak 12 Agustus lalu. Dari kabupaten ini bisa terlihat lontaran lava pijar dari puncak gunung.
Hari ini ketika gunung slamet meletus warga sempat berhamburan keluar rumah saat terjadi dentuman pertama kali sekitar pukul 12.30 WIB. Kerasnya dentuman membuat kaca-kaca rumah warga  ikut bergetar.
Gunung Slamet sendiri memiliki ketinggian 3.429 meter dan semalam berada dalam status siaga Level III.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 caberawit All Right Reserved