Contact

Jumat, 17 Oktober 2014

10 tanaman hias anti racun



Menurut Environmental Protection Agency (EPA), kualitas udara dalam ruangan merupakan salah satu dari lima risiko yang berbahaya bagi kesehatan kita. Racun-racun tersebut adalah berasal dari barang-barang yang ada di dalam rumah. Misalnya, lantai vinyl atau penyegar ruangan yang terbuat dari bahan kimia beracun. Jika kita tak ingin berhenti menggunakan produk-produk itu dan membiarkan jendela terbuka sepanjang waktu bukanlah suatu pilihan, ada beberapa tanaman yang dapat membantu melakukan detoksifikasi udara dalam ruangan. 


1. Lidah Buaya (Aloe vera)


11 Tanaman Hias Anti Racun

Anda mungkin tahu tanaman ini berfungsi mengurangi sengatan sinar matahari. Namun, ia juga pembersih udara yang indah. Lidah buaya sebenarnya menyerap bahan kimia dari produk pembersih dan bahkan memberi kita tanda peringatan. Caranya ialah dengan mengembangkan bintik-bintik cokelat bila paparan bahan kimia mencapai tingkatan yang tinggi.


2. Sambaing Darah Ungu (Hemigraphic exotica)


11 Tanaman Hias Anti Racun

Para peneliti di University of Georgia menguji 28 tanaman hias yang umum ditanam masyarakat dalam ruangan. Ke-28 tumbuhan tersebut dinggap memiliki kemampuan untuk menghapus lima polutan dalam ruangan. Hasilnya, sambaing darah ungu dinilai sebagai salah satu pendetoks terbaik. Warnanya yang mencolok dengan semburat ungu di ujung daun ini paling mudah dipelihara. Memajangnya di dalam ruangan adalah pilihan yang sangat baik sebagai penutup tanah di terarium atau untuk dibaurkan di atas lemari.


3. Pinang (Areca palm)


11 Tanaman Hias Anti Racun

Pohon palem yang indah ini memompa keluar banyak oksigen di siang hari. Pinang dinilai oleh NASA memiliki delapan tingkat penghapusan tertinggi terhadap zat formaldehida, yakni bahan kimia yang sering ditemukan di karpet. Selain itu, telapak Areca membantu mengembalikan kelembaban kering udara musim dingin, setara dengan kerja sebuah alat humidifier listrik.


4. Bunga Lili (Spathiphyllum)


11 Tanaman Hias Anti Racun

Lily ini menyerap polutan seperti formaldehida yang ditemukan di karpet, trichloroethylene pada plastik, benzea yang biasa terdapat pada cat, dan xilena yang ada dalam perekat. Bunga lili perdamaian butuh disiram seminggu sekali dan bisa diletakkan pada sudut rumah dengan kondisi pencahayaan terang atau di bawah bayangan. Meskipun kesannya lili adalah bunga perdamaian, ia cukup beracun jika ada hewan peliharaan yang iseng-iseng menggigitnya.


5. Karet Kebo (Ficus elastica)


11 Tanaman Hias Anti Racun

Tanaman karet kebo ini punya daun berwarna hijau tua yang tebal dan elastic bak karet. Karet kebo membantu menyaring formaldehida, benzene, dan amonia dari udara. Sekaligus meningkatkan estetika ruang tamu kita. Tanaman ini membutuhkan kondisi pencahayaan yang tinggi dan sering disiram. Pun, harus disimpan jauh dari hewan atau anak-anak karena karet kebo beracun jika termakan.


6. Lidah Mertua (Sansevieria)


11 Tanaman Hias Anti Racun

Bisa dibilang, lidah mertua adalah pasangan serasi pohon palm. Bila pinang dapat diandalkan dalam memproduksi oksigen di siang hari, lidah mertua ini memproduksi oksigen saat malam. Ini yang membuatnya sangat baik untuk menghiasi kamar tidur. Lidah mertua ini juga bisa tahan di setiap kondisi lingkungan, baik yang terang maupun gelap, basah maupun kering.


7. Sirih Belanda (Epipremnum aureum)


11 Tanaman Hias Anti Racun

Tanaman satu ini terkenal sebagai tanaman yang tumbuh sangat cepat. Ia juga ampuh menyerap formaldehida, benzene, dan xilena. Menempatkan tanaman ini di dekat garasi adalah pilihan yang baik, karena mesin knalpot merupakan sumber utama formaldehida
.

8. Daun Ivi (Hedera helix)


11 Tanaman Hias Anti Racun

Tanaman pemanjat yang mengkilap ini memiliki berbagai warna dan biasanya tumbuh sebagai tanaman gantung. Begitu digantung, ia juga bakal merambati dinding atau balok. Relatif mudah untuk tumbuh, tanaman berjulukEnglish ivy itu sangat baik untuk menghilangkan benzena dari udara dan mengurangi partikel udara dari kotoran.


9. Ceiba (Pachira aquatic)


11 Tanaman Hias Anti Racun

Tanaman superhero satu ini adalah pembersih udara serba bisa. Ia dapat melenyapkan formalin dan banyak polutan lainnya. Ceiba juga diyakini membawa keberuntungan si pemilik, seperti nasib baik dan kesehatan yang baik dalam kepercayaan orang Tionghoa. Sering disebut Tanaman Uang, ia sering diberikan sebagai hadiah pada Tahun Baru Imlek. Sayangnya, jenis pohon bonsai ini beracun bagi kucing dan anjing ketika dicerna. Tentunya harus dijauhkan pula dari jangkauan anak-anak.


10. Marginata (Dracaena marginata)


11 Tanaman Hias Anti Racun

Tanaman satu ini sangat seksi jika kita ingin menambahkan warna-warna nge-pop untuk sebuah ruangan. Daun marginata sangat menarik. Ia pun dapat tumbuh hingga 15 meter. Di sanping itu, ia sanggup menghilangkan bahan kimia dari udara yang muncul dari lak, pernis, dan bensin.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 caberawit All Right Reserved