Contact

Senin, 23 Juni 2014

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi saat Begadang

 
makanan begadang kesehatan
Jenis makanan mengandung vitamin B
Meskipun kita semua tahu bahwa begadang itu tidak baik, tapi masalahnya seiring dengan perkembangan ekonomi modern dan meningkatnya irama kehidupan, sehingga semakin banyak orang mau tidak mau harus bergabung dalam kelompok tidur larut malam (begadang).
Ketika begadang telah menjadi pilihan yang terakhir, namun, bagaimana memastikan kualitas begadang, sekaligus mengurangi dampaknya pada kesehatan, telah menjadi topik penting.
Para ahli medis menunjukkan bahwa mereka yang kerap bekerja pada malam hari, selain perlu menciptakan kondisi kerja yang baik dan memastikan tidur yang memadai, sebaiknya perhatikan juga secara ilmiah sisi kesehatannya pada makanan.
Perlu menciptakan kondisi kerja yang baik dan memastikan tidur yang memadai dari lingkungan objektif, namun, hal ini mungkin tidak mudah untuk dilakukan. Tapi jika perawatan kesehatan diri itu dilakukan secara ilmiah pada makanan, maka hal ini dapat dimulai dari diri kita sendiri.
Mari kita simak bersama analisis para ahli tentang kekeliruan makan/minum terkait begadang, dan rekomendasi makanan ideal yang ditawarkan dari para ahli. Belajar untuk diterapan, maka saat begadang juga tidak akan melelahkan.

Kekeliruan makan dan minum saat begadang

Mereka yang begadang, hal pertama yang terpikirkan adalah minum kopi atau teh untuk meningkatkan kesegaran, ahli gizi menuturkan, bahwa kafein memang bisa menggairahkan semangat.
Namun, hasil eksperimen dari St Luke Hospital Sleep Medicine Research Center, Amerika menemukan, bahwa kafein belum tentu efektif dalam meningkatkan efisiensi kerja, meskipun berguna, itu hanya bisa bertahan singkat.
Kafein meskipun menyegarkan, tetapi secara relatif akan menguras vitamin B kompleks dalam tubuh dengan saraf dan berkaitan dengan keselarasan otot, mereka yang kekurangan vitamin B kompleks memang akan lebih mudah lelah, dan mungkin akan menjadi lingkaran setan, dengan membiasakan minum teh atau kopi secara berlebihan, takaran yang dibutuhkan semakin banyak, sementara khasiatnya semakin buruk. Oleh karena itu, jika memang terpaksa begadang, sebaiknya penuhi dengan sejumlah vitamin B kompleks, khasiatnya malah lebih efektif.
Saat begadang, ada yang menganggap bahwa makan makanan manis bisa memenuhi kalori, padahal makanan manis juga merupakan pantangan untuk begadang. Seusai makan malam atau saat begadang, sebaiknya jangan makan terlalu banyak makanan manis, meskipun tinggi kalori, dan kendati dalam batas tertentu dapat meningkatkan semangat, namun, akan menguras vitamin B kompleks, yang mengakibatkan efek sebaliknya, dan akan menimbulkan masalah obesitas.

Jenis makanan yang perlu dikonsumsi saat begadang

Secara keseluruhan, perawatan kesehatan preventif pada saat begadang tetap bergantung pada makanan sehari-hari, harus diimbangi dengan 6 jenis asupan makanan. Tetapi, demi begadang, saat makan malam perbanyak konsumsi makanan yang kaya dengan vitamn B kompleks, dan ini mutlak diperlukan! Banyak anggota kelompok vitamin B kompleks, yang terdiri dari asam folat, niasin, vitamin B6, vitamin B12 dan sebagainya, mereka tidak hanya turut serta dalam metabolisme, memberikan energi, melindungi sel-sel saraf, tetapi juga membantu menenangkan saraf dan meredakan kecemasan
Sayuran berdaun hijau gelap dan kacang-kacangan kaya akan folat, membantu memerbaiki sel dalam tubuh, mencegah infeksi dan anemia ; hati, ikan, biji-bijian, makanan kedelai, buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan vitamin B6 atau niasin, dapat memertahankan kesehatan kulit, memerlambat penuaan ; Sementara vitamin B12 yang berhubungan dengan memori, konsentrasi dapat diperoleh dari makanan daging merah, susu maupun keju.
Makan malam saat akan begadang sebaiknya lebih banyak memilih menu sayur-sayuran, buah-buahan dan makanan ringan lainnya, hal ini dapat membantu kesehatan saat begadang.

5 jenis jus yang cocok saat begadang

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi 5 jenis jus buah-buahan yang dapat meningkatkan semangat dan stamina sekaligus bermanfaat bagi kulit :
1. Apel, wortel, bayam, dan seledri secukupnya dipotong kecil, tambahkan susu, madu, sedikit es batu, kemudian diblender, diolah menjadi jus buah dan sayuran murni yang kaya nutrisi.
2. Campurkan pisang, pepaya dan yogurt, diblender menjadi jus segar yang kaya nutrisi dan dapat memenuhi banyak energi yang dibutuhkan tubuh.
3.Jus segar yang dikombinasikan dengan dua buah kiwi segar, 4 buah jeruk, 1 biji lemon mengandung vitamin C yang melimpah, dapat memenuhi energi yang dibutuhkan tubuh sekaligus sebagai suplemen untuk perawatan kecantikan kulit.
4. 3 buah jeruk bali dijadikan jus setelah dikupas kulitnya, seuntai anggur dijadikan jus, kemudian tambahkan 2 sendok makan madu, rasanya yang asem manis terasa segar dan nikmat.
5. 1 buah mentimun segar, 1/2 liter susu kacang kedelai, 3 lembar field mint (daun poko), setelah dicampuradukkan kemudian diblender menjadi jus, berkhasiat meredakan panas dan memulihkan tenaga.(bayvoice.net/jhn/yant)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 caberawit All Right Reserved