Contact

Senin, 26 Mei 2014

20 Hewan Terkecil di Dunia

20 Hewan Terkecil di Dunia

Beberapa binatang yang kita temui di sekitar kita memang memiliki ukuran yang sangat bervariasi. Mulai dai gajah yang ukuran tubuhnya besar hingga semut yang sangat kecil sekalipun. Bila kita mau sedikit lebih membuka wawasan serta cakrawala kita, kita bisa menemukan 10 binatang terkecil di dunia. Ukuran tubuh binatang - binatang tersebut jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan ukuran tubuh binatang sejenis pada umumnya.
Berikut ini adalah 10 binatang terkecil di dunia:
1. KUDA LAUT TERKECIL DI DUNIA
20 Hewan Terkecil di Dunia
Kuda laut ini berukuran 16 mm. Sangat jecil bukan? Bahkan terkadang bisa ditemukan kuda laut yang berukuran 13 mm. Binatang ini hidup di perairan pasifik barat dan hidup di kedalaman 13 - 90 dibawah permukaan air.
2. SAPI TERKECIL DI DUNIA
20 Hewan Terkecil di Dunia
Yang ada di foto diatas ini bukanlah anak sapi namun seekor sapi yang telah berusia 16 th. Tinggi sapi ini hanya mencapai 81 - 91 cm. Bandingkan dengan sapi satunya yang lebih besar padahal sapi yang lebih besar tersebut baru berusia 6 tahun.
3. TOKEK TERKECIL DI DUNIA
20 Hewan Terkecil di Dunia
Bayangkan bila kita melihat tokek yang pada saat melingkarkan tubuhnya, besar tubuhnya tidak melebihi sebuah koin . Tokek jenis ini ditemukan di Inggris pada tahun 1965. Panjang tubuh tokek ini hanya mencapai 16 mili dengan lebar tubuh hanya sekitar 1 inch
4.BUNGLON TERKECIL DI DUNIA
20 Hewan Terkecil di Dunia
Binatang yang memiliki ukiuran tubuh 1,2 cm ini yang ditemukan di hutan NOsy be Island di Madagskar
5. HAMSTER TERKECIL DI DUNIA
20 Hewan Terkecil di Dunia
Hamster ini berukuran 2,5 cm. sama tingginya dengan koin yang diberdirikan. Hamster ini telah berhenti tumbuh saat berusia 3 minggu. Padahal saudara- saudaranya telah tumbuh hingga 4 - 5 inch
6. KUCING TERKECIL DI DUNIA
20 Hewan Terkecil di Dunia
Kucing tersebut telah berusia 2 tahun dan memiliki panjang tubuh 49 cm dan tinggi tubuh 15,5 cm.
7. KUDA TERKECIL DI DUNIA
20 Hewan Terkecil di Dunia
Kuda kecil tersebut telah berusia 5 tahun dan hanya memiliki tinggi tubuh 17 inch.
8. IKAN TERKECIL DI DUNIA
20 Hewan Terkecil di Dunia
Ikan jenis ini ditemukan di perairan Sumatra pada thaun 2006. Ukuran ikan ini hanya mencapai 7,9 mm
9. ULAR TERKECIL DI DUNIA
20 Hewan Terkecil di Dunia
Ular ini pada saat dewasa hanya memiliki panjang ukuran tubuh dibawah 4 inch saja. Ular ini ditemukan di kepulauan Caribbean-Barbados
10. ANJING TERKECIL DI DUNIA
20 Hewan Terkecil di Dunia
Anjing jenis Chihuahua ini berasal dari Massachussets, Amerika. Ukuran tinggi tubuh anjing ini adalah 4,9 inch serta berat tubuh yang hanya mencapai 1,4 pounds
11. Wolfi, Gurita
20 Hewan Terkecil di Dunia
 
Octopus Wolfi adalah spesies gurita paling kecil di dunia. Telah ditemukan sejak tahun 1913 dan langsung diklasifikasikan pada tahun itu juga (proses klasifikasi ini sendiri tidaklah mudah dan dapat memakan waktu bertahun-tahun). Dengan panjang hanya 1,5 cm (centimeter), ia dapat diletakkan di satu jari Anda. Ditemukan di Samudera Indo-Pasifik.
 
12. Speckled Padloper, Kura-kura.
20 Hewan Terkecil di Dunia
 
Merupakan hewan asli Afrika Selatan dan kura-kura terkecil di dunia. Hewan ini sering menjadi hewan peliharaan manusia. Sayangnya, mereka dalam ancaman akan kepunahan karena perburuan, lalu lintas dan hewan domestik seperti anjing atau babi. Kura-kura ini dapat dibedakan dengan bintik-bintik pada cangkang dan lima jarinya pada kaki depan, tidak seperti kura-kura lainnya yang berjari empat.


13. Kitti Hog-nosed, Kelelawar.
20 Hewan Terkecil di Dunia

Dikenal juga sebagai bumblebee bat, merupakan hewan yang juga berada dalam ancaman kepunahan dan merupakan kelelawar terkecil di dunia, bahkan diperdebatkan sebagai mamalia terkecil di dunia. Seperti kebanyakan kelelawar, mereka hidup di goa dengan rata-rata 100 individual setiap goa-nya, tetapi juga dapat mencapi hingga 500 ekor. Mereka dapat ditemukan di Thailand.


14. Pygmy Marmoset, Monyet
20 Hewan Terkecil di Dunia

Spesies monyet yang hidup di Ekuador ini merupakan monyet terkecil di dunia dengan panjang rata-rata 15 centimeter dari ekor sampai kepala. Mereka senang hidup berkelompok dan suka makan getah pohon. Mereka dapat hidup di alam liar 11 sampai 12 tahun, sedangkan di kebun binatang mereka dapat hidup hingga 20 tahun
15.Burung terkecil
20 Hewan Terkecil di Dunia
 
spesies burung  dimana salah satu jenisnya yaitu BeeHummingbird yang bisa kita temui di Kuba adalah merupakan spesies burung dengan ukuran terkecil di dunia, ya.. panjangnya hanya sekitar 5 cm saja. 
16.lumba-lumba terkecil 
20 Hewan Terkecil di Dunia
 
Lumba-lumba Maui -yang memiliki panjang hanya 1,7 meter- saat ini hanya berjumlah 55 individu
17.Samong, Harimau Bali Terkecil di Dunia 
20 Hewan Terkecil di Dunia

Harimau Bali (Panthera tigris balica) adalah subspesies harimau yang sudah punah dan pernah mendiami pulau Bali, Indonesia. Harimau ini adalah salah satu dari tiga sub-spesies harimau di Indonesia bersama dengan harimau Jawa (juga telah punah) dan harimau Sumatera (spesies terancam). 
 18.Archie-banteng terkecil Di Dunia
20 Hewan Terkecil di Dunia
 
Archie, berusia  29-bulan adalah seekor banteng hasil kembang biak dari Dexter yang dimiliki oleh sebuah peternakan Armagh berbasis County, tubuhnya hanya berukuran 76,2 cm (30in) 
19. Tarsius
20 Hewan Terkecil di Dunia

Tarsius merupakan salah satu hewan langka di Sulawesi Utara. Hewan ini termasuk dalam golongan primata terkecil di dunia dengan panjang tubuh maksimal 10 cm.

Yang lucu, di tubuhnya yang kecil hewan ini memiliki mata sangat besar. Satu hal lagi keistimewaan tarsius, kepala primata ini bisa berputar 180 derajat. Anda bisa menemukannya di Taman Nasional Tangkoko.
20. Maleo
20 Hewan Terkecil di Dunia

Memiliki nama latin Macrocephalon maleo, burung maleo jadi salah satu hewan lucu dan unik yang bisa turis lihat di Taman Nasional Tangkoko. Terang saja, ketika menetas, anak burung maleo sudah bisa terbang.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 caberawit All Right Reserved